Penulis Utama : Kartini Mutiara Pertiwi
NIM / NIP : K7109116
×

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk  meningkatkan  pemahaman  konsep sifat dan perubahan wujud benda melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL)  pada siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Gebang Purworejo tahun ajaran 2015/2016
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan    refleksi.  Subjek  penelitian    adalah siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Gebang Purworejo yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah  wawancara,  observasi,  tes,  dan dokumentasi.  Validitas  data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriftif komparatif  dan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas tes pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada pratindakan adalah 60,4 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 50%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,5 dengan persentase 75%. Pada siklus II, nilai  rata-rata  meningkat  lagi  menjadi  80,5  dengan  persentase  ketercapaian sebesar 85%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Gebang Purworejo tahun ajaran 2015/2016.

Kata  Kunci:  Problem  Based  Learning  (PBL),  sifat  benda,  perubahan  wujud benda

 

×
Penulis Utama : Kartini Mutiara Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7109116
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda (Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7109116-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan mahfud, M.Pd.,
2. Dra. Sularmi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.