Penulis Utama : Mustika Zara Mawarni
NIM / NIP : K7414032
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi: (1) hubungan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri Jumantono; (2) hubungan antara lingkungan belajar di keluarga dengan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri Jumantono; (3) hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri Jumantono; (4) hubungan antara kecerdasan spiritual, lingkungan belajar di keluarga dan lingkungan belajar di sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri Jumantono.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitaif deskriptif ex-post facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMKN Jumantono jurusan akuntansi kelas XI akuntansi 1, 2, dan 3 sebanyak 101 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas isi dan Product Moment Pearson, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar akuntansi hal ini ditunjukkan melalui r hitung > r tabel (0,415 > 0,220). Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di keluarga dengan hasil belajar akuntansi hal ini ditunjukkan melalui r hitung > r tabel (0,367 > 0,220). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar akuntansi hal ini ditunjukkan melalui r hitung > r tabel (0,330 > 0,220). Keempat terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual, lingkungan belajar di keluarga, dan lingkungan belajar di sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar akuntansi hal ini ditunjukkan melalui uji korelasi ganda nilai sig. F change 0,000 dan r hitung > r tabel (0,579 > 0,220).  Variabel didalam hasil belajar akuntansi ditentukan oleh kecerdasan spiritual, lingkungan belajar di keluarga dan lingkungan belajar di sekolah sebesar 33,5% sementara yang 66,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: kecerdasan spiritual, lingkungan belajar di keluarga, lingkungan belajar di sekolah, hasil belajar akuntansi

 

×
Penulis Utama : Mustika Zara Mawarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414032
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri Jumantono
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7414032-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Witurachmi, MM
2. Binti Muchsini, S.Pd, M.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.