Penulis Utama : Abdur Rahim
NIM / NIP : D1216002
×

Abstrak

Sejak tahun 2016, Kota Bekasi telah melaksanakan Program Bekasi Smart City. Sesuai dengan Peraturan Wali Kota No 110 Tahun 2016. Pemerintah Kota Bekasi menciptakan beberapa aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Pengaduan Online Terpadu yang diciptakan untuk memberikan wadah pelayanan kepada Masyarakat Kota Bekasi agar bisa mengirimkan pengaduan langsung kepada Pemerintah Kota Bekasi hanya melalui aplikasi.
Penelitian ini menggunakan Teori Difusi Inovasi yang dikemukakan oleh Everret M. Rogers dalam bukunya Difussion Of Innovations. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses difusi inovasi dan keputusan inovasi (Adopsi) masyarakat Kota Bekasi terhadap program Bekasi Smart City serta faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan masyarakat Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan purposive sampling dimana peneliti memilih informan berdasarkan kriteria yang telah peneliti susun.
Pada penelitian ini Aplikasi Pengaduan Online Terpadu (POT) pada program Bekasi Smart City merupakan sebuah inovasi karena telah memenuhi lima karakteristik inovasi yang dijelaskan oleh Rogers pada Teori nya. Dalam penerimaannya pun Masyarakat telah melewati lima tahap keputusan inovasi. Untuk faktornya, peneliti mendapatkan beberapa faktor yang terdiri dari prior condition dan characteristic of the making-decision unit. Pada penelitian ini pun ditemukan fakta yang menarik bahwa Pemerintah menggandeng CGEN sebagai partner dalam penyebaran informasi tentang program Bekasi Smart City yang berisi anak-anak muda Kota Bekasi.

Kata Kunci : Bekasi Smart City, Difusi Inovasi, Keputusan Inovasi (Adopsi), POT, Masyarakat Kota Bekasi

×
Penulis Utama : Abdur Rahim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216002
Tahun : 2019
Judul : Difusi Inovasi Bekasi Smart City (Studi Deskriptif Kualitatif: Proses Difusi dan Adopsi Inovasi Program Bekasi Smart City dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Kota Bekasi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1216002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.