Penulis Utama : Azkia Rachmah
NIM / NIP : G0016034
×

Pendahuluan: Diet tinggi lemak dan gula memiliki hubungan yang sangat erat dengan sindrom metabolik (SM). Tingginya kadar ROS pada sindrom metabolik akan menyebabkan terjadinya peroksidasi lipid pada pasien. Malondialdehyde (MDA) merupakan salah satu hasil dari peroksidasi lipid yang memiliki sifat mutagenik dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan proses inflamasi yang ditandai meningkatnya ekspresi TNF-?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian ekstrak etanolik akar tanaman Kelor terhadap kadar MDA plasma dan ekspresi TNF-? jaringan otak pada tikus model sindrom metabolik.

Meotde: Penelitian eksperimental laboratorik ini merupakan penelitian  postest only control group design. Subjek penelitian sebanyak 30 ekor tikus yang dibagi menjadi 5 kelompok: K1 sebagai kelompok kontrol, K2 sebagai kelompok SM, K3, K4, dan K5 sebagai kelompok SM yang diberi ekstrak akar Kelor dengan dosis 150 mg/KgBB, 250 mg/KgBB, dan 350 mg/KgBB. Kondisi SM diinduksi menggunakan kuning telur bebek 2 ml/200 gBB, minyak teroksidasi 2 ml/200 gBB, lemak sapi 2 ml/200 gBB selama 28 hari, dan pemberian Streptozotocin (STZ) 45 mg/KgBB-Nicotinamide (Na) 110 mg/KgBB pada hari ke 25, dan intervensi ekstrak akar Kelor diberikan selama 28 hari. Kadar MDA plasma dihitug menggunakanmetoe TBARS sementara ekspresi TNF-? dihitung secara semikuantitaif menggunakan skor IDS, dan keduanya dianalisis dengan uji One Way ANOVA dilanjutkan Tukey HSD
Hasil: Uji OneWay ANOVA dari kadar MDA plasma dan ekspresi TNF-? jaringan otak menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05), serta uji Tukey HSD menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok K1-K2, K2-K3, K2-K4 and K2-K5 (p<0>0,005).
Simpulan: Ekstrak akar tanaman Kelor (Moringa oleifera, Lam.) pada dosis 150 mg/KgBB, 250 mg/KgBB, dan 350 mg/KgBB berpotensi menurunkan kadar MDA plasma dan ekspresi TNF-? jaringan otak pada tikus sindrom metabolik.

Kata Kunci : Ekstrak akar Kelor, Sindrom Metabolik, Moringa oleifera, MDA plasma, TNF-?, otak

×
Penulis Utama : Azkia Rachmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016034
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Ekstrak Etanolik Akar Tanaman Kelor (Moringa Oleifera,LAM) terhadap Kadar MDA Plasma dan Ekspresi TNF-A Jaringan Otak: Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Model Sindrom Metabolik dengan Induksi Streptozotocin-Nicotinamide dan Diet Tinggi Lemak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0016034-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dyah Ratna Budiani, Dra., M.Si.
2. Novan Adi Setyawan, dr., Sp.PA.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.