Penulis Utama : Mohamad Dedy Nurwahid
NIM / NIP : R0213039
×


ABSTRAK

 

Latar Belakang : Mesin weaving merupakan salah satu sumber bising lingkungan kerja   industri   tekstil.      Intensitas   kebisingan   yang   melebihi   NAB   dapat mengganggu atau membahayakan kesehatan terutama pada pendengaran. Penggunaan alat pelindung telinga (APT) saat bekerja di area yang bising dapat mengurangi paparan langsung. Pekerja yang diwawancarai mengalami gangguan berkomunikasi saat berada diluar area bising dan hasil pengamatan tidak menggunakan alat pelindung telinga.   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas kebisingan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung telinga (APT) terhadap ambang pendengaran pada pekerja bagian weaving PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.

Metode Penelitian : penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan populasi 63 orang dengan sampel penelitian 41 tenaga kerja wanita. Kebisingan diukur menggunakan sound level meter,  ambang  dengar  diukur  dengan  alat  audiometer  dan  untuk  menilai kepatuhan penggunaan alat pelindung telinga (APT) menggunakan critical behavior cheklist. Analisa statistik bivariat menggunakan korelasi spearmen.

Hasil : Hasil uji statistik hubungan intensitas kebisingan dengan ambang pendengaran adalah signifikan dengan p = 0,048 untuk telinga kiri namun untuk telinga kanan hasilnya tidak signifikan yaitu p= 0,060. Adapun hasil uji statistik dari  hubungan  kepatuhan  penggunaan  alat  pelindung  telinga  (APT)  dengan ambang dengar telinga kanan adalah siginfikan p = 0,021 dan p =  0,025 untuk telinga kiri, hasil arah korelasi yang negatif (-) yaitu r = -0,360 dan r = -0,350 untuk masing-masing telinga secara berurutan.

Kesimpulan   :   Terdapat   hubungan   yang  signifikan   antara  kebisingan   dan kepatuhan  penggunaan  alat  pelindung  telinga  dengan  ambang  dengar,  namun tidak dapat diketahui pengaruh variabel bebas mana yang lebih mempengaruhi terhadap ambang pendengaran.

Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Penggunaan Pelindung Telinga, Ambang
Pendengaran dan Pekerja Weaving.

 

×
Penulis Utama : Mohamad Dedy Nurwahid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213039
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Intensitas Kebisingan dan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Telinga (APT) terhadap Ambang Pendengaran pada Pekerja Bagian Weaving PT. Iskandartex Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R0213039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lusi Ismayenti, S.T., M.Kes.
2. Haris Setyawan, S.KM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.