Penulis Utama : Karin Kurniati
NIM / NIP : R0016051
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Kebakaran perusahaan adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh tenaga kerja dan dapat menyebabkan kesulitan terutama bagi mereka yang terkena dampak kecelakaan dan dapat mengakibatkan hilangnya pekerjaan. Salah satu upaya pencegahan terhadap darurat kebakaran adalah dengan menerapkan sistem tanggap darurat. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki penerapan sistem tanggap darurat di PT Adiluhung Saranasegara Indonesia.

Metode Penelitian: Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif yang memberikan gambaran mengenai implementasi sistem tanggap darurat kebakaran di PT Adiluhung Saranasegara Indonesia. Pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara kepada karyawan serta studi kepustakaan.

Hasil Penelitian: Perusahaan telah menerapkan sistem tanggap darurat kebakaran dengan menyusun rencana penanggulangan keadaan darurat kebakaran, mempunyai prosedur respon keadaan darurat, dilakukan identifikasi keadaan darurat,   identifikasi   potensi   bahaya   yang   dapat   menyebabkan   kebakaran, organisasi tanggap darurat.

Simpulan Penelitian: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi sistem tanggap darurat kebakaran di PT Adiluhung Saranasegara Indonesia telah dilaksanakan dengan baik namun belum sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan  dan  Kesehatan  Kerja dan Permen PU Nomor  26/PRT/M/2008

Tentang Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan.

Kata Kunci: Darurat Kebakaran, Penanggulangan Kebakara

×
Penulis Utama : Karin Kurniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016051
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Sistem Tanggap Darurat Kebakaran sebagai Upaya Peningkatan Keselamatan Kerja di Pt Adiluhung Saranasegara Indonesia, Bangkalan, Madura, Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0016051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK.,
2. Ika Sumiyarsi S, S.SiT., M.Kes.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.