Penulis Utama : Restu Kurniawan
NIM / NIP : S961308004
×

LES derajat berat menyebabkan mortalitas paling tinggi, di mana terapi metil prednisolon dosis tinggi (high dose) masih menjadi terapi utama pada LES derajat berat. Teknik pemberian terapi kortikosteroid pada LES derajat berat masih kontroversi, data penelitian mengenai efektivitas terapi metilprednisolon 500 mg dosis tunggal dan dosis terbagi masih sangat sedikit. Selain itu, perlu dilakukan evaluasi terapi pada LES derajat berat untuk mengetahui keberhasilan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaab pemberian dosis  tunggal
500mg dan dosis terbagi metil prednisolon terhadap Perdarahan Saluran Cerna dan Rerata Lama Perawatan pada pasien LES.
Penelitian   eksperimental   dengan   prospective   randomized   controlled   trial dilakukan pada pasien LES di ruang rawat inap RSUD dr. Moewardi. Dua puluh empat pasien dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang diberikan terapi metilprednisolon 500 mg dosis tunggal dan kelompok yang diberikan terapi metilprednisolon dosis terbagi. Masing-masing kelompok di awasi adakah Perdarahan  Saluran  Cerna  sebelum  dan  sesudah  terapi  dan  Rerata  Lama Perawatan.
Hasil penelitian menunjukkan  pada kelompok pemberian terapi metil prednisolon pulse dosis tunggal terjadi pendarahan saluran cerna  sebesar 75,0%, sedangkan kelompok pemberian terapi dosis terbagi sebesar 50% terjadi pendarahan saluran cerna, dengan nilai p=0,206. Lama rawat pada kelompok terapi metil prednisolon pulse dosis tunggal rata-rata 17,75 +1,48 hari dan dosis terbagi dengan lama rawat rata-rata 18,25 +1,22 hari, dengan nilai p=0,511.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua teknik pemberian terapi metilprednisolon 500 mg tidak menunjukkan perbedaan yang secara statistik signifikan pada Perdarahan Saluran Cerna dan Rerata Lama Perawatan.

Kata kunci : metilprednisolon dosis tinggi, LES, Perdarahan Saluran Cerna, Rerata Lama Perawatan.

 

×
Penulis Utama : Restu Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961308004
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pemberian Injeksi Metil Prednisolone 500mg Dosis Tunggal dan Dosis Terbagi Terhadap Perdarahan Saluran Cerna dan Rerata Lama Perawatan pada Pasien Lupus Erimatosus Sistemik Derajat Sedang / Berat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prog. Pendidikan Dokter Spesialis 1 - S 961308004 - 2019
Kata Kunci : metilprednisolon dosis tinggi, LES, Perdarahan Saluran Cerna, Rerata Lama Perawatan.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Zainal Arifin Adnan, dr. SpPD-KR, FINASIM
2. Dr. dr. Arif Nurudhin, SpPD-KR, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.