Penulis Utama : Antary Desvi Dania
NIM / NIP : S961402001
×

ASTRAK
LES derajat berat menyebabkan mortalitas paling tinggi, di mana terapi metil prednisolon dosis tinggi (high dose)  masih menjadi terapi utama pada LES derajat berat.  Teknik pemberian terapi kortikosteroid pada LES derajat berat masih kontroversi, data penelitian mengenai efektivitas terapi metilprednisolon 500 mg dosis tunggal dan dosis terbagi masih sangat sedikit. Selain itu, perlu dilakukan evaluasi terapi pada LES derajat berat untuk mengetahui keberhasilan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaab pemberian dosis tunggal 500mg dan dosis terbagi metil prednisolon terhadap skor European Consensus Lupus Activity Measurement (ECLAM) dan  Neutrofil Limphocyte Ratio (NLR) pada pasien LES.
Penelitian eksperimental dengan prospective randomized controlled trial dilakukan pada pasien LES di ruang rawat inap RSUD dr. Moewardi. Dua puluh empat pasien dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang diberikan terapi metilprednisolon 500 mg dosis tunggal dan kelompok yang diberikan terapi metilprednisolon dosis terbagi. Masing-masing kelompok dihitung skor ECLAM dan NLR sebelum dan sesudah terapi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan skor ECLAM signifikan pada kedua kelompok (tunggal  p= 0,003; bolus 0,018) namun tidak pada NLR (tunggal  p= 0,107; bolus 0,754), namun analisa sesudah terapi pada kedua kelompok, perubahan skor ECLAM tidak signifikan (p=1,00) dan signifikan pada NLR (p=0,038), namun analisa perubahan tersebut tidak signifikan (ECLAM, p= 0, 686; NLR, p= 0,295).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua teknik pemberian terapi metilprednisolon 500 mg tidak menunjukkan perbedaan yang secara statistik signifikan pada penurunan  skor ECLAM  maupun NLR.

Kata kunci : metilprednisolon dosis tinggi, LES, ECLAM, NLR

×
Penulis Utama : Antary Desvi Dania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961402001
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pemberian Metil Prednisolone 500 Mg Dosis Tunggal Dan Dosis Terbagi Terhadap Skor Eclam Dan Neutrofil Lymphocyte Ratio Pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Kedokteram, Program Pendidikan Dokter Spesialis-S00961402002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Zainal Arifin Adnan, dr. SpPD-KR, FINASIM
2. Dr. dr. Arif Nurudhin, SpPD, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.