Penulis Utama : Bening Sri Palupi
NIM / NIP : K7113506
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video di kelas IV SD Negeri 4 Kutosari tahun ajaran 2016/2017, dan (3) menemukan kendala dan solusi dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video di kelas IV SD N 4 Kutosari tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas tipe kolaborasi yang dilakukan selama tiga siklus. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Siklus III hanya satu pertemuan. Setiap pertemuan dalam siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 45 siswa terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa, guru, teman sejawat/peneliti, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data hasil wawancara dan observasi. Analisis kuantitatif untuk mengukur hasil pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pengelompokkan siswa, (b) penyampaian tujuan, (c) pemberian tugas, (d) penyajian video, (e) investigasi, (f) penyampaian hasil investigasi, (g) pemberian tanggapan, (h) klarifikasi, dan (i) evaluasi; (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan keaktifan siswa mencapai 68,75% dan ketuntasan siswa 54,4% pada siklus I, siklus II keaktifan siswa mencapai 84,375% dan ketuntasan siswa 77,8%, siklus III keaktifan siswa mencapai 92,36% dan ketuntasan siswa 86,6%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah media video yang membutuhkan peralatan khusus sehingga membatasi gerak siswa, adapun solusinya yaitu guru akan lebih memperhatikan dan menyiapkan peralatan media video yang akan digunakan secara matang agar tidak membatasi gerak siswa.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 4 Kutosari.
Kata kunci: group investigation, media video, pembelajaran, IPS

 

×
Penulis Utama : Bening Sri Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113506
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media video pada siswa kelas IV SD negeri 4 Kutosari tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113506-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd,
2. Drs. Tri Saptuti Susiani, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.