Penulis Utama : Gusty Putri Dhini Rosyida
NIM / NIP : D0113040
×

ABSTRAK

GUSTY PUTRI DHINI ROSYIDA. D0113040. Collaborative Governance dalam Perencanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Semanggi, Surakarta, Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017.
Di kota-kota besar di dunia biasa ditemukan adanya daerah kumuh atau pemukiman miskin. Menanggapi tentang permasalahan kumuh tersebut Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada 2019 Indonesia bebas dari permukiman kumuh. Maka munculah Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang dibentuk di 271 kawasan kumuh di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dimana platform dari program ini menggunakan platform kolaborasi. Kota Surakarta sendiri menetapan kawasan kumuh dengan luasan 359,53 Ha tersebar di 5 Kecamatan dengan 28 Kelurahan dimana saat ini kawasan nomor satu dalam prioritas penanggulangan kawasan kumuh adalah Kelurahan Semanggi dengan luas 76.03 Ha. Sejauh ini pelaksanaan program KOTAKU di Kelurahan Semanggi sudah mencapai tahap Perencanaan. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis Collaboration Govermance dalam Perencanaan Program KOTAKU di Kelurahan Semanggi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Snowball Sampling. Validitas data menggunaka trianggulasi data.
Hasil yang diperoleh yakni bentuk kolaborasi belum terlaksana dalam perencanaan program KOTAKU di Kelurahan Semanggi karena hanya beberapa stakeholder yang terlibat dalam setiap tahapan yang ada. Sejauh ini juga terjadi hambatan dalam kolaborasi berupa kendala Sumber Daya Manusia dan Komunikasi antar setiap stakeholder. Kesimpulan penelitian ini adalah kolaborasi belum efektif dan diperlukan penyamaan presepsi tentang bentuk  dan konsep kolaborasi yang sebenarnya.


Kata Kunci : Kolaborasi Pemerintah, Permukiman Kumuh, Program KOTAKU

×
Penulis Utama : Gusty Putri Dhini Rosyida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113040
Tahun : 2017
Judul : Kolaborasi Dalam Perencanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Administrasi Negara-D0113040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.