Penulis Utama : Naning Harminingsih
NIM / NIP : X5117013
×

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membersihkan diri melalui media audio visual pada siswa tunagrahita ringan Kelas XII C semester I di SLB Panca Bhakti Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Subjeknya adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas XII C SLB Panca Bhakti Kabupaten Madiun yang berjumlah tiga siswa berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes, dokumentasi dan observasi.

Analisis data yang digunakan adalah statistik teknik analisa kuantitatif dengan persentase dan analisa deskriptif kualitatif. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai rata-rata dan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sebelum dilaksanakan tindakan, pada saat pretest nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik tunagrahita kelas XII sebesar 57 dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 0%. Setelah itu dilakukan tindakan pada siklus I yang dibuat sebanyak 2 kali pertemuan. Dari dua kali pertemuan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata peserta sebesar 69 dengan presentase sebesar 66,7%. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik sebesar 76 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 100%.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membersihkan diri bagi siswa tunagrahita ringan kelas XII C semester I di SLB Panca Bhakti Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/ 2020.

Kata Kunci : Media audio visual, membersihkan diri, tunagrahita ringan

×
Penulis Utama : Naning Harminingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117013
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membersihkan Diri Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII C Semester I SLB Panca Bhakti Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Khusus-X5117013-2020
Kata Kunci : Media audio visual, membersihkan diri, tunagrahita ringan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Herry Widyastono, M.Pd.
2. Sugini, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.