Penulis Utama : Anita Khoirunnissa
NIM / NIP : F3516013
×

ABSTRAK

Pada perkembangan zaman yang semakin maju, kehidupan masyarakat Indonesia mengalami revolusi dari waktu ke waktu. Kebutuhan hidup yang harus dipenuhi semakin banyak. Oleh sebab itu, masalah ekonomi merupakan masalah yang kompleks di Indonesia. Lapangan pekerjaan dibutuhkan oleh semua pencari kerja yang mana dalam realita yang dihadapi sekarang ketersediaan lapangan kerja lebih sedikit daripada jumlah pencari kerja keseluruhan yang ada di Indonesia. Dengan adanya keterbatasan lapangan pekerjaan, orang lebih memilih untuk mendirikan usaha sendiri yang nantinya bisa membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Pendirian usaha tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, maka dari itu lembaga perbankan memberikan fasilitas kredit bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan modal untuk usahanya yang disebut dengan Kredit Modal Kerja (KMK). Bank yang mempunyai fasilitas kredit KMK salah satunya adalah Bank Jateng. Dalam pelaksanaan kredit KMK terhadap debitur, bank tentunya bekerjasama dengan perusahaan asuransi untuk mengurangi resiko adanya kredit macet. PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Surakarta merupakan perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan Bank Jateng dalam menjamin (klaim) kreditnya.
Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode wawancara, observasi, serta studi pustaka guna mendapatkan data primer dan data sekunder, dengan teknik pembahasan dengan cara analisis deskriptif.
PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Surakarta merupakan perusahaan asuransi kredit yang berada di bawah naungan BUMN. PT. Askrindo menyediakan berbagai produk yaitu Penjaminan KMK, Penjaminan KUR, Asuransi Kredit, Suretyship, Asuransi Perdagangan, Asuransi Umum. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Askrindo melakukan pemrosesan klaim sesuai dengan prosedur yang ada. Yang mana sudah sesuai dengan PKS yang sudah ditetapkan.
Berdasarkan kesimpulan tersebut penulis memberikan beberapa saran antaranya tetap menjaga kualitas jasa yang diterapkan selama ini. Hal inibertujuan agar dapat mempertahankan nasabah serta mendapatkan nasabah baru sehingga PT. Askrindo (Persero) cabang Surakarta dapat bersaing dengan asuransi penjamin lainnya, meningkatkan kualitas SDM yang ada di PT. Askrindo (Persero), dan juga lebih meningkatkan efisiensi dalam prosedur pemrosesan klaim sehingga tidak banyak klaim yang tertunda.

Kata Kunci : Kredit KMK, Prosedur Klaim

×
Penulis Utama : Anita Khoirunnissa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516013
Tahun : 2019
Judul : Prosedur Pengajuan Klaim KMK (Kredit Modal Kerja) Pada PT. Askrindo (Persero) Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.DIII Manajemen Bisnis-F3516013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adnan Effendi, Se, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.