Penulis Utama : Harpen Dwi Jaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861708009
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Karakter Tokoh Wayang Bima melalui Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Sikap Keselarasan Sosial Siswa di SMA N 1 Tenggarang dan SMA N 1 Bondowoso
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861708009-2019
Subyek : PENGEMBANGAN MODEL, NILAI KARAKTER BIMA, KESELARASAN SOSIAL SISWA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran sejarah yang selama ini digunakan di SMA Negeri Kabupaten Bondowoso; (2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai karakter tokoh wayang bima; (3) Mendiskripsikan bentuk akhir model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai karakter tokoh wayang bimamelalui inkuiri sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitianResearch and Development (R&D), yang mengacu pada model ADDIE: (1) Menganalisa permasalahan yang terjadi di lapangan berupa analisis instruksional, dan menganalisis karakteristik siswa terkait konteks pembelajaran; (2) Mendesain rumusan tujuan pembelajaran khusus dan bentuk model pembelajarannya; (3) Mengembangkan instrumen penelitianberupa strategi pembelajaran yang akan digunakan,mengembangkan materi pembelajaransebagai materi tambahan; (4) Melakukan implementasi produk kedalam proses pembelajaran didalam kelas; (5) Melakukan Evaluasi terhadap hasil implementasi produk di dalam kelas.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pembelajaran sejarah di SMA Kabupaten Bondowoso masih belum maksimal akibat dari penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Pemanfaat sejarah budaya sebagai sumber belajar, dan pendamping buku teks belum dimanfaatkan secara maksimal. Orientasi pada ranah afektif sebagai tujuan akhir dari pembelajaran sejarah belum terlalu optimal; (2)  Pengembangan  model  ini  ditujukan  untuk  meningkatkan  sikap  keselarasan sosial siswa dan sebagai solusi alternatif dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Konsep keselarasan sosial di elaborasi melalui nilai karakter tokoh wayang Bima yang dianalisa menggunakan kajian semiotika. (3) Model ini efektif meningkatkan sikap keselarasan sosila dengan ditunjukkan oleh hasil yang positif dan signifikan. (4) Hasil penelitian ini berimplikasi pada realisasi program pendidikan karakter dan pengayaan terhadap materi dalam pembelajaran sejarah SMA.

Kata Kunci : Pengembangan Model, Nilai Karakter Bima, Keselarasan Sosial Siswa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana