Penulis Utama : Yoan Mareta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861708021
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Tari Gending Sriwijaya melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa di MAN 1 Palembang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861708021-2019
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH, TARI GENDING SRIWIJAYA, SOLIDARITAS SOSIAL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pembelajaran sejarah di MAN 1 Palembang; (2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai tari Gending Sriwijaya untuk meningkatkan sikap solidaritas sosial siswa di MAN 1 Palembang; (3) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai tari Gending Sriwijaya dalam meningkatkan sikap solidaritas sosial siswa MAN 1 Palembang.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan sepuluh langkah model pengembangan Borg and Gall, yang diadaptasikan menjadi empat tahap: (1) Pendahuluan; (2) Pengembangan; (3) Implementasi, dan (4) Uji efektifitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket pada tiga langkah awal penelitian sebagai tolak ukur sikap Solidaritas Sosial siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi nilai tari Gending Sriwijaya.
Hasil  penelitian  menunjukkan:  1)  Pembelajaran  sejarah  yang  berlangsung selama ini masih cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya-jawab, selain itu sikap  solidaritas sosial  siswa masih  cenderung  rendah;  2) Prosedur pengembangan diawali  dengan  pembuatan  draft  model  yang  divalidasi  oleh  tiga  ahli,  dari  hasil masukan dilakukan revisi. Selanjutnya produk diuji pada uji coba kelompok terbatas dan luas kemudian di revisi kembali. Tahap terakhir adalah implementasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji T menunjukkan nilai sebesar 4,159 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Sejarah. Tari Gending Sriwijaya. Solidaritas Sosial

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Dr. Leo Agung Sutimin, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana