Penulis Utama : Millatun Nadiah
NIM / NIP : H0813114
×

ABSTRAK

Tea Bar dan Tea House Tong Tji merupakan gerai yang dimiliki oleh perusahaan Tong Tji yang menyediakan teh siap minum dengan suasana tempat yang nyaman. Tersebarnya berbagai Tea Bar dan Tea House Tong Tji di berbagai kota di Indonesia, merupakan salah satu strategi yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan  dan  keinginan  masyarakat  Indonesia  saat  ini.  Faktor-faktor  yang bisanya diperhatikan pada proses keputusan pembelian berkaitan dengan faktor bauran pemasaran atau marketing mix. Faktor bauran pemasaran ini meliputi produk, harga, tempat (saluran distribusi), promosi, orang, bukti fisik dan proses, atau seringkali di sebut  dengan dengan 7P (product, price, place,  promotion, people, phisycal evidence, and process). Banyaknya pelanggan yang datang setiap harinya ke Tea Bar atau Tea House Tong Tji, membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian faktor bauran pemasaran yang mendasari pembelian produk teh siap minum di Tea Bar atau Tea House di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini adalah deskrisi analisis. Metode penentuan lokasi dilakukan dengan metode purposive sampling. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu Tea Bar Solo Square, Solo Grand Mall, Paragon dan Tea House Paragon. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel ditetapkan adalah sebanyak 140 responden dengan menggunakan ketentuan 20:1 untuk setiap jalur struktural. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan SEM berbasis varian menggunakan alat analisis warpPLS 5.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pengaruh variabel marketing mix (7P) dapat dilihat dari nilai koefisien jalur, yaitu variabel produk berpengaruh sebesar 0,036, variabel harga sebesar 0,078, variabel promosi sebesar 0,058, variabel tempat sebesar 0,102, variabel orang sebesar 0,015, variabel lingkungan fisik sebesar 0,232, dan variabel proses sebesar 0,188. Nilai R-square sebesar 0,71 dan nilai Q-square sebesar 0,601. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian teh Tong Tji siap minum di Tea Bar dan Tea House di Kota Surakarta adalah variabel harga, promosi, tempat, lingkungan fisik dan proses, sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan adalah variabel produk dan orang. Saran   untuk   Tong   Tji   adalah   dapat   mempertahankan   harga   yang   sudah ditawarkan, lebih mempublikasikan bonus-bonus dan potongan harga apa saja yang sedang ditawarkan, melakukan persebaran cabang Tea Bar dan Tea House Tong Tji, memperbanyak meja dan kursi sehingga kapasitas untuk menampung konsumen lebih banyak, dilakukan proses pemberian menu ke meja untuk setiap konsumen.

 

×
Penulis Utama : Millatun Nadiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813114
Tahun : 2017
Judul : Analisis pengaruh faktor bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan pembelian teh tong tji siap minum di Pasar Swalayan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0813114-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Minar Ferichani, M.P.
2. Nuning Setyowati, S.P., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.