Penulis Utama : Istinganatuzzakiyah
NIM / NIP : K7115082
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang melalui model Quantum Teaching, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Quantum Teaching dalam meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 1 Kalikudu.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan; (2) penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang, hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil observasi guru, pada siklus I=89,21%, siklus II=92,61%, dan siklus III=95,63%. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I=88,63%, siklus II=93,12%, dan siklus III=94,72%. Selain itu, persentase ketuntasan siswa pada siklus I=85,71%, pada siklus II=92,86%, dan pada siklus III=95,24%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah masih ada siswa yang kurang memahami proses pengerjaan LKS, adapun solusi dari kendala tersebut adalah guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan penjelasan teknik pengerjaan setelah menerima LKS.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Kalikudu tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: quantum teaching, matematika, bangun ruang

×
Penulis Utama : Istinganatuzzakiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115082
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN 1 Kalikudu Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7115082-2019
Kata Kunci : quantum teaching, matematika, bangun ruang
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Ratna Hidayah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.