Penulis Utama : Nisrina Izdihar Hermanshah
NIM / NIP : R0215074
×

Abstrak

Latar Belakang : Lingkungan kerja panas dapat menyebabkan tubuh berkeringat guna menurunkan suhu tubuh hingga temperature normal yaitu 37oC. pengeluaran keringat berlebihan tanpa diiringi asupan air yang cukup dapat mengakibatkan dehidrasi. Gejala yang dapat muncul seseorang konsumsi airnya kurang antara lain haus, pusing, jumlah urin berkurang, berwarna gelap, sembelit serta kulit kering. Selain itu kurangnya air ke otak dapat menyebabkan penurunan fokus, daya ingat, brain fatigue, brain fog, seperti sakit kepala atau gangguan tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jumlah konsumsi air minum dengan status hidrasi dan tingkat konsentrasi.

Metode : Jenis penelitian menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Bertempat di Bagian PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar. Populasi berjumlah 38 orang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini checklist jumlah konsumsi air minum, berat jenis urin (BJU) status hidrasi, concentration grid exercise test tingkat konsentrasi. Analisis bivariat variabel jumlah konsumsi air minum dengan status hidrasi menggunakan uji Spearman’s rho dan variable jumlah konsumsi air minum dengan tingkat konsentrasi menggunakan uji Pearson.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan konsumsi air minum responden rata-rata sebanyak 1651 ml.

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara jumlah konsumsi air minum dengan status hidrasi dan tingkat konsentrasi.

Kata Kunci : Jumlah Konsumsi Air Minum, Status Hidrasi, Tingkat Konsentrasi

×
Penulis Utama : Nisrina Izdihar Hermanshah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215074
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Jumlah Konsumsi Air Minum dengan Status Hidrasi dan Tingkat Konsentrasi Pekerja di Lingkungan Kerja Panas Bagian Pretreatment PT Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215074-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK.
2. Erindra Budi Cahyanto, S.Kep,. Ns., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.