Penulis Utama : Andre Rispandita Hirnanto
NIM / NIP : D1114001
×

ABSTRAK
Andre Rispandita Hirnanto, D1114001, “KOLABORASI ANTAR STAKEHOLDER DALAM MENANGANI TINDAK KEKERASAN ANAK BERBASIS GENDER DI KOTA SURAKARTA (Skripsi : Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017.
Sebagai sebuah permasalahan sosial, kekerasan berbasis gender yang dialami oleh berbagai kalangan masyarakat khususnya anak telah mencapai fakta yang cukup memprihatinkan. Menjawab kebutuhan tersebut pemerintah Kota Surakarta pun membuat suatu ikatan kolaborasi bersama stakeholder terkait. Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Surakarta Nomor 462.05/84-A/1/2010 tentang Tim Pelayanan Terpadu Bagi Perempuan dan Anak Kota Surakarta (PTPAS) dalam rangka memberikan perlindungan dan penanganan dari segala bentuk tindak kekerasan berbasis gender yang terjadi pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kolaborasi antar stakeholder dalam menangani tindak kekerasan anak berbasis gender di Kota Surakarta yang didasarkan pada lima dimensi kunci yang berkontribusi untuk membangun serta mengukur keseluruhan proses kolaborasi dari Thomson dan Perry (2006: 25-28) yaitu : Governance, Administration, Organizational Autonomy, Mutuality dan Norms.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemilihan informan secara purposive. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kolaborasi yang dilakukan instansi maupun lembaga swasta di PTPAS dalam menangani tindak kekerasan anak berbasis gender belum berjalan optimal sesuai lima dimensi kunci yang berkontribusi pada keseluruhan kolaborasi. Dimana beberapa lembaga seperti LSM masih mempunyai keraguan terhadap penyedia layanan lain lain yaitu Dinas Pendidikan dan juga Dinas Sosial, hal itu disebabkan karena faktor sumberdaya manusia dari stakeholder lain dan juga perspektif yang selama ini dibangung di dalam konsorsium PTPAS tidak dipenuhi ketika melakukan penanganan kekerasan terhadap anak berbasis gender di Kota Surakarta

Kata kunci : Kolaborasi, Kekerasan, Kekerasan Anak Berbasis Gender

 

×
Penulis Utama : Andre Rispandita Hirnanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114001
Tahun : 2017
Judul : Kolaborasi Antar Stakeholder dalam Menangani Tindak Kekerasan Anak Berbasis Gender di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.ISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara - D 1114001 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarmo, M.A.,Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.