Penulis Utama : Maya Firda Hidayah
NIM / NIP : K3313045
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok reaksi redoks kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry disertai media chemmind map.
Penelitian ini menerapkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 37 siswa. Objek penelitian adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Aktivitas meliputi visual activities, oral activities, listening activities, dan writing activities. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan studi dokumentasi, selanjutnya dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Persentase ketercapaian aktivitas belajar siswa saat siklus I sebesar 97,30%. Ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 54,05% meningkat menjadi 86,49% pada siklus II, aspek sikap sebesar 97,30% pada siklus I, dan aspek keterampilan sebesar 100% pada siklus I. Dengan bimbingan guru, siswa telah mampu menyusun media chemmind map sesuai teori Buzan dengan ketercapaian 100% pada siklus I.

Kata Kunci: guided inquiry, aktivitas belajar, prestasi belajar, redoks, chemmind map.

×
Penulis Utama : Maya Firda Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313045
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Chemmind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Redoks Siswa Kelas X IPA 2 Semester Genap Sma N 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Program Studi Pendidikan Kimia-K3313045-2020
Kata Kunci : guided inquiry, aktivitas belajar, prestasi belajar, redoks, chemmind map.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si
2. Dr Sri Yamtinah
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.