Penulis Utama : Maria Magdalena Harida Ariyanti
NIM / NIP : K7116108
×

ABSTRAK

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya alam. Subjek penelitian ini adalah 20 orang dari kelas IV di Sekolah Dasar Palur IV. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus pelaksanaan tindakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Untuk validitas data penelitian ini, menggunakan Teknik trianggulasi dan trianggulasi sumber. Teknik untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif komparatif dan kritis. Prosedur penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini menemukan bahwa model pembelajaran mind mapping meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya alam di kelas 4 di Sekolah Dasar Palur IV. Itu bisa dilihat dari kenaikan rata-rata kelas. Sebelum menerapkan pemetaan pikiran, rata-rata kelas adalah 67,25. Pada siklus pertama, rata-rata kelas adalah 73,45 dan pada siklus kedua rata - rata adalah 80,20. Penelitian ini dapat meningkatkan persentase kelengkapan, sebelum menerapkan mind mapping, persentase adalah 40%, pada siklus pertama 65%, dan siklus kedua adalah 90%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Palur 04 Tahun Ajaran 2019/2020
Kata kunci: model pembelajaran mind mapping, pemahaman konsep, kegiatan ekonomi, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Maria Magdalena Harida Ariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116108
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Palur 04 tahun ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116108- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti P., M.Pd.
2. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.