Penulis Utama : An Nisha Rachadiyanti
NIM / NIP : K7116011
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Mangkuyudan yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi dan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick  dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas, proses pembelajaran masih bersifat teacher-centered prestasi belajar siswa rendah. Pada kondisi awal hasil PTS, persentase ketuntasan siswa 17,86%. Peningkatan terjadi pada siklus I. Pada siklus I meningkat menjadi 55% . Pada siklus II kemudian semakin meningkat menjadi 83,83%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.02

Kata kunci: Talking Stick, Kegiatan Ekonomi, Sumber Daya Alam, Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : An Nisha Rachadiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116011
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No. 02 (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkuyudan No.02 Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116011 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
2. Hadiyah, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.