Penulis Utama : Oktaviana Nur Anisha
NIM / NIP : K7116141
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Manggis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example.

Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui model siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini ialah 33 peserta didik kelas V SD Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini iala observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan model Miles &Huberman(pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pemeriksaan data).
Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 33 peserta didik. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan hasil ketuntasan secara klasikal pada penilaian tengah semester (pra tindakan) sebesar 30,31% meningkat pada siklus I sebesar 54,55% dan meningkat kembali pada siklus ke II sebesar 81,82%. Persentase ketuntasan secara klasikal tersebut sudah mencapai target indikator kinerja penelitian yang ditetapkan peneliti yakni sebesar 80% atau 27 peserta didik mencapai KKM ( ?70). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe example non example  dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2019/2020.


 

 

×
Penulis Utama : Oktaviana Nur Anisha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116141
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi dan Jenis-Jenis Usaha melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SD Negeri 2 Manggis Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116141-2020
Kata Kunci : pemahaman konsep, kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha, model pembelajaran kooperatif tipe example non example, sekolah dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd
2. Hadiyah, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.