Penulis Utama : Jessica Sellyn Paraisu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116088
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Simbol-Simbol Sila Pancasila pada Siswa Kelas II SD Negeri Tunggul Sari II Tahun Ajaran 2019/ 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116088-2020
Subyek : PEMAHAMAN KONSEP, SIMBOL PANCASILA, MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK, SEKOLAH DASAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep simbol Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia dalam pembelajaran pengamalan nilai-nilai sila Pancasila menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada peserta didik kelas II SD N Tunggul Sari II tahun ajaran 2019/ 2020. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II SD N Tunggul Sari II tahun ajaran 2019/ 2020. Jumlah peserta didik adalah 17 peserta didik, yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunak triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisi data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan pemahaman konsep simbol-simbol sila Pancasila peserta didik dari pratindakan ke siklus I dan pada akhirnya ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan bersifat terpusat pada guru sehingga kegiatan pembelajaran dan pemahaman peserta didik tidak dapat terlihat dan menjadi rendah. Peningkatan terjadi pada tindakan siklus I. Nilai yang diperoleh peserta didik sudah meningkat walaupun belum mencapai indikator capaian yang diinginkan. Pelaksanaan siklus II menyebabkan aktivitas belajar peserta didik meningkat tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan pemahaman konsep simbol-simbol sila Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dalam pembelajaran pengamalan nilai-nilai sila Pancasila pada peserta didik kelas II SD N Tunggul Sari II tahun ajaran 2019/ 2020.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA-.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP