Penulis Utama : Anggi Arinigrum
NIM / NIP : K7116013
×

Tujuan penelitian ini ialah meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V SDN Mangkubumen Kulon No.83 dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkubumen Kulon No.83 yang berjumlah 14 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dari pratindakan ke siklus I hingga ke siklus II. Pada pratindakan ke siklus I peningkatan belum signifikan, namun pada siklus II terjadi peningkatan minat belajar yang sangat signifikan. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SDN Mangkubumne Kulon No.83.

Kata kunci : Minat belajar, Talking Stick, Sekolah Dasar

×
Penulis Utama : Anggi Arinigrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116013
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SDN Mangkubumen Kulon No.83 Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116013-2020
Kata Kunci : Minat belajar, Talking Stick, Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.
2. Dra. Yulianti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.