Penulis Utama : Bety Ratih Meganingtyas
NIM / NIP : S031602006
×

ABSTRAK
Bety Ratih Meganingtyas, 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay dan talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Ditinaju dari Minat Belajar (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri Se- Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2017/ 2018). Pembimbing : Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd. Kopembimbing: Dr. Tri Murwaningsih, M. Si. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh metode pembelajaran CRH dan TS terhadap hasil belajar IPS peserta didik; 2) pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah peserta didik terhadap hasil belajar IPS peserta didik; 3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran CRH dan TS dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPS peserta didik; a) hasil belajar IPS yang lebih baik pada metode CRH antara minat belajar tinggi atau minat belajar rendah; b)hasil bealajar IPS yang lebih baik pada metode TS antara minat belajar tinggi atau minat belajar rendah?; c) hasil belajar IPS yang lebih baik pada minat belajar tinggi antara metode CRH atau metode TS; d) hasil belajar IPS yang lebih baik pada minat belajar rendah antara metode CRH atau TS.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu, dengan menggunakan rancangan penelitian 2 x 2 faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur, Tahun Ajaran 2017/2018.  Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan  Stratified Cluster Random Sampling.  Sampel diperoleh sebanyak 101 peserta didik dengan rincian 50 peserta didik sebagai sampel kelas eksperimen dan 51 peserta didik sebagai sampel kelas kontrol.  Instrumen peneletian menggunakan tes hasil belajar IPS dan angket minat belajar peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan sel tak sama.
Simpulan dari penelitian ini sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode pembelajaran CRH dan TS terhadap hasil belajar IPS; 2) terdapat pengaruh minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPS peserta didik;. 3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran CRH dan TS dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPS; a) pada metode pembelajaran CRH, peserta didik dengan minat belajar tinggi memiliki hasil belajar IPS yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPS peserta didik yang memiliki minat belajar rendah; b) pada metode pembelajaran TS, peserta didik dengan minat belajar tinggi memiliki hasil belajar IPS yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPS peserta didik yang memiliki minat belajar rendah; c) pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar IPS pada metode CRH lebih baik dibandingkan hasil belajar IPS pada metode TS; d) pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar IPS pada metode CRH lebih baik dibandingkan hasil belajar IPS pada metode TS.

Kata kunci: Course Review Horay, Talking Stick, Hasil Belajar IPS, Minat Belajar.

 

×
Penulis Utama : Bety Ratih Meganingtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031602006
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Minat Belajar (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S031602006 - 2019
Kata Kunci : Course Review Horay, Talking Stick, Hasil Belajar IPS, Minat Belajar.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.