Penulis Utama : Dewi Mulyani
NIM / NIP : K7115043
×

Dewi Mulyani PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan menulis narasi antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Concept Sentence dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) perbedaan keterampilan menulis narasi antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dengan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar peserta didik terhadap keterampilan menulis narasi.

Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Gondangrejo tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data keterampilan menulis narasi dan teknik angket untuk data minat belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) adanya perbedaan pengaruh keterampilan menulis narasi peserta didik diajar dengan model pembelajaran  Concept Sentence dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (FA = 10,77 ? F(0,05;1;44) = 4,06). Keterampilan menulis narasi peserta didik yang diajar model pembelajaran Concept Sentence lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 2) Adanya perbedaan pengaruh keterampilan menulis narasi peserta didik berminat belajar tinggi dan berminat rendah (FB = 32,58 ? F(0,05;1;44) = 4,06). Minat belajar tinggi memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis narasi lebih baik daripada berminat belajar rendah; 3) tidak ada interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap keterampilan menulis narasi (FAB = 1,82 ? F(0,05;1;44) = 4,06).  

×
Penulis Utama : Dewi Mulyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115043
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Narasi (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Concept Sentence, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), minat belajar, keterampilan menulis narasi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Dr. Suharno, M.Pd
Penguji : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Dr. Suharno, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.