Penulis Utama : Mahendra Radyansyah Putra
NIM / NIP : G0113061
×

ABSTRAK

    Xiaomi adalah salah satu smartphone dengan penjualan tertinggi pada rentang waktu 2017 sampai 2018. Xiaomi memperoleh popularitas dari para penggunanya yang menulis ulasan dan opini di internet melalui media sosial atau situs web. Hal tersebut dinamakan dengan electronic word of mouth. Ulasan di internet mempengaruhi individu untuk mempertimbangkan membeli smartphone Xiaomi. Popularitas yang semakin meningkat artinya semakin banyak orang yang sadar dan mengetahui merek Xiaomi (brand awareness). Semakin dikenalnya brand Xiaomi berakibat pada meningkatnya penjualan smartphone dari Xiaomi.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara electronic word of mouth dengan keputusan pembelian smartphone Xiaomi dan (2) hubungan antara brand awareness dengan keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret.
    Metode pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dan didapat sampel sejumlah 64 orang mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Instrumen penelitian menggunakan skala keputusan pembelian (? = 0,867), skala electronic word of mouth (? = 0,913), dan skala brand awareness (? = 0,887). Uji korelasi menggunakan uji korelasi nonparametrik Kendall’s Tau. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara electronic word of mouth dengan keputusan pembelian (r = 0,310; p = 0,001) dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara brand awareness dengan keputusan pembelian (r = 0,425; p = 0,000).

Kata Kunci: keputusan pembelian, electronic word of mouth, brand awareness

 

×
Penulis Utama : Mahendra Radyansyah Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113061
Tahun : 2019
Judul : HUBUNGAN ANTARA ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. Psikologi-G0113061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bagus Wicaksono, M.Si., Psikolog
2. Pratista Arya Satwika S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.