Penulis Utama : Muhammad Rizki Darmawan
NIM / NIP : K7116512
×

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan strategi Directed Writing Activity (DWA) dan mendeskripsikan penerapan strategi Directed Writing Activity (DWA) pada peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Kupang, Kabupaten Klaten pada pembelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV SDN 02 Kupang  Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data pada penelitian ini diuji dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil tindakan kelas di atas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan strategi Directed Writing Activity (DWA) pada peserta didik kelas IV SDN 02 Kupang, Klaten Tahun Ajaran 2019/2020. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dapat dilihat dari hasil tes menulis deskripsi dalam pratindakan, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan klasikal nilai menulis deskripsi pada pratindakan sebesar 20% atau 4 peserta didik tuntas, dalam siklus I meningkat menjadi 55% atau 11 peserta didik tuntas, dan dalam siklus II menjadi 85% atau 17 peserta didik tuntas. Berdasarkan pada hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Directed Writing Activity (DWA) dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas IV SDN 02 Kupang, Klaten Tahun Ajaran 2019/2020.


 

 

×
Penulis Utama : Muhammad Rizki Darmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116512
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Strategi Directed Writing Activity (DWA) Siswa Kelas IV SDN 02 kupang klaten Tahun ajaran 2019/2020 (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Kupang, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116512-2020
Kata Kunci : Keterampilan menulis deskripsi, strategi Directed Writing Activity (DWA), Sekolah Dasar .
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Drs. Tri Budiharto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.