Penulis Utama : Jenny Nugraheni Riyan Irawan
NIM / NIP : G0115061
×

ABSTRAK

Berfikir kreatif sangat diperlukan untuk menghadapi tuntutan dan perkembangan jaman. Maka dari itu, kemampuan berfikir kreatif perlu dilatih sejak dini. Suatu pelatihan diperlukan untuk melatih berfikir kreatif, yaitu dengan memberikan pelatihan permainan konstruktif tangram. Penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design.

Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V Sekolah Dasar, memiliki kategori CQ rata-rata hingga dibawah rata-rata. Jumlah subjek yang mengikuti penelitian ialah 20 orang (kelompok eksperimen) dan 16 orang (kelompok kontrol).

Berdasarkan hasil dari uji normalitas Shapiro-Wilk, data yang diperoleh tidak normal maka uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik non-parametrik. Uji Mann-Whitney digunakan untuk mengetahui pengaruh dari permainan konstruktif tangram terhadap berfikir kreatif antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis uji Mann-Whitney diperoleh nilai Z sebesar -2,363 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,18, dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh permainan konstruktif tangram terhadap berfikir kreatif (p<0>

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan permainan konstruktif tangram terhadap berfikir kreatif pada siswa sekolah dasar.

×
Penulis Utama : Jenny Nugraheni Riyan Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0115061
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Permainan Konstruktif Tangram Terhadap Berfikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran, Jur. Psikologi-G0115061-2019
Kata Kunci : Permainan Konstruktif Tangram, Berfikir Kreatif, Siswa Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Aditya Nanda Priyatama, S. Psi., M. Si.
2. Afia Fitriani, S. Psi., M. Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.