Penulis Utama : Gestiyani Dewi Firgiyanti
NIM / NIP : K7615025
×

ABSTRAK

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurang optimalnya prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh kemampuan guru mengajar dan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta; (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemandirian siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta; (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru mengajar dan kemandirian siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X BDP di SMK Negeri 1 Surakarta dengan jumlah 106 siswa. Sampel penelitian sebanyak 84 siswa dengan propotionate stratified random sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda dan menggunakan program SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukan persamaan regresi berganda sebesar Y = 2,796+ 0,185X1 + 0,564X2  .Maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan guru mengajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas di SMK Negeri 1 Surakarta (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan guru mengajar dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta.
Kemampuan guru mengajar yang profesional dan kemandirian siswa yang baik mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi dan bisnis. Siswa dituntut untuk aktif, percaya diri dalam berargumen, kreatif dan melakukan tanya jawab dengan guru dan mengerjakan tugas tepat waktu. Metode pengajaran harus menumbuhkan interaksi edukatif, menghidupkan proses pembelajaran, dan membangkitkan minat belajar. sekolah sebaiknya mengadakan program-progam pelatihan yang berhubungan dengan kemampaun guru mengajar yang profesional dan memfasilitasi belajar.

Kata kunci : Kemampuan Guru Mengajar, Kemandirian Siswa, Prestasi Belajar Siswa

 

×
Penulis Utama : Gestiyani Dewi Firgiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615025
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kemampuan Guru Mengajar dan Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi-K7615025-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.