Penulis Utama : Gita Prawesti Arda Devina
NIM / NIP : R0016047
×

Abstrak

LatarBelakang : Pada PT. Bukit Makmur Mandiri Utama penyebab langsung terjadinya insiden adalah tindakan tidak aman sebesar 61.90% dan kondisi tidak aman sebesar 38.10%. Pada tahun 2018 terdapat 8 kejadian insiden di coal hauling road, 4 diantaranya merupakan perilaku overspeed/melebihi batas kecepatan maksimal dan masih tingginya pelanggaran rambu kecepatan. Sehingga penerapan behavior based safety metode DO IT diharapkan dapat menciptakan safety culture di tempat kerja sehingga risiko kecelakaan dapat diturunkan.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif, dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah operator Dump Truck dan Double Trailer Data-data yang diperoleh terdiri dari faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku overspeed dan penjabaran metode DO IT. Data kemudian dibahas dan dianalisa dengan teori yang telah ada.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya perilaku overspeed adalah kebiasaan, penempatan dan penentuan rambu dan lingkungan. Penerapan metode DO IT dengan target perilaku operator unit dump truck dan double trailer berhasil untuk menurunkan jumlah pelanggaran.
Simpulan : Penerapan metode DO IT pada perubahan perilaku operator dump truck dan double trailer yang melanggar batas kecepatan dengan melakukan program coaching berhasil.
Kata Kunci : Behavior Based Safety, Overspeed, Metode DO IT, Coaching

×
Penulis Utama : Gita Prawesti Arda Devina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016047
Tahun : 2019
Judul : Analisis Perilaku Overspeed Operator Dump Truck dan Double Trailer pada Area Coal Hauling Road dengan Metode Do It di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite Lati Mine Operation Kalimantan Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016047-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM, M.Kes
2. Sri Mulyani, S.Kep, Ns, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.