Penulis Utama : Wisnu Suryo Andriyanto
NIM / NIP : R0015104
×

VLatar Belakang   : Penyebab langsung (direct cause) kecelakaan berasal dari tindakan tidak aman (unsafe actions) yang menyumbang sekitar 88% dan kondisi tidak aman (unsafe condition) menyumbang sekitar 10% dan 2% tidak diketahui penyebabnya.  Maka  dari  itu  kunci  untuk  menghilangkan  kecelakaan  adalah dengan menerapkan perilaku keselamatan (Behavior Based Safety) sebagai pencegahan proaktif terhadap potensi bahaya di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Behavior Based Safety di Area Weldingshop PT Petrosea Tabang Project.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menganalisa perubahan perilaku Penerapan Behavior Based Safety dengan metode DO IT di Area Weldingshop PT Petrosea Tabang Project Kalimantan Timur.

Hasil   :  PT  Petrosea  Tabang  Project  telah  mendefinisikan  target  program Behavior Based Safety yaitu Alat pelindung diri,   Peralatan atau mesin, Posisi kerja, Prosedur, Kebersihan/kerapihan, melakukan observasi, dan memberikan intervene serta melakukan test. Penerapan behavior based safety sudah berjalan dengan konsisten dibuktikan dengan teraturnya pelaksanaan observasi menggunakan Critical behavior checklist dan meningkatnya angka persentase aman antara sebelum dan sesudah adanya intervene.

Simpulan : PT Petrosea Tabang Project telah menerapkan Behavior Based Safety dengan  metode  DO  IT  dan  telah  memberikan  intervene  berdasarkan  hasil observasi.

 

×
Penulis Utama : Wisnu Suryo Andriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015104
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Behavior Based Safety Dengan Metode Do It di Area Weldingshop PT. Petrosea Tabang Project Kalimantan Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Kedokteran-Prodi DIII Hiperkes Dan Keselamatan Kerja- R 0015104-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.