Penulis Utama : Riza Nurazizah
NIM / NIP : R0015082
×

Latar belakang : Kasus kecelakaan kerja di PT. DIC Astra Chemicals hampir setiap  tahun terjadi,  disebabkan  unsafe action  dan  unsafe condition,  sehingga diperlukan upaya penerapan safety behavior. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran penerapan Behavior Based Safety dalam upaya pencapaian zero accident di PT. DIC Astra Chemicals terkhusus pada area produksi I.

Metode : Jenis penelitian observasional dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan tentang penerapan behavior based safety dengan metode DO IT di area produksi I dalam upaya mencapai zero accident.

Hasil : PT. DIC Astra Chemicals telah merencanakan penerapan behavior based safety sejak tahun 2016. Kemudian telah mendefinisikan target, melakukan observasi pertama tahun 2017, dan memberikan tindakan intervensi serta melakukan test. Namun  penerapan behavior based safety belum berjalan dengan konsisten dibuktikan dengan tidak teraturnya pelaksanaan observasi menggunakan safety observation checklist dan menurunnya angka persentase aman antara 2017 dan 2018 serta masih terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh unsafe behavior  sehingga  PT.  DIC  Astra  Chemicals  belum  mencapai  target  zero accident.

Simpulan : Perusahaan telah menerapkan behavior based safety dengan metode DO IT. Hal ini sesuai dengan regulasi yang berlaku, namun berdasarkan hasil observasi pelaksanaan belum berjalan dengan baik sehingga belum tercapai zero accident.

 

×
Penulis Utama : Riza Nurazizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015082
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Penerapan Behavior Based Safety Dengan Metode Do It Pada Area Produksi I Dalam Upaya Pencapaian Zero Accident Di PT. Dic Astra Chemicals, Jakarta Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Prodi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja -R 0015082-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Cr. Siti Utari, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.