Penulis Utama : Nita Nur Hanifah
NIM / NIP : R0016071
×

Abstrak

Latar Belakang: Kecelakaan kerja yang terjadi, 85% - 90% diantaranya disebabkan oleh perilaku tidak aman, sehingga memerlukan pendekatan perilaku yang dikenal dengan Behavior Based Safety (BBS) dengan metode DO IT untuk mengubah perilaku tidak aman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran penerapan behavior based safety di PT. Haier Electrical Appliances Indonesia pada bagain Produksi II, serta upaya penerapan behavior based safety dengan standar perusahaan dan peraturan perundangan.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan behavior based safety dengan metode DO IT di perusahaan dan membandingkannya dengan standar perusahaan serta perundang-undangan yang berlaku.

Hasil : PT. Haier Electrical Appliances Indonesia telah mendefinisikan target program Behavior Based Safety yaitu perilaku pemakaian APD, penerapan 5R, dan perilaku kepatuhan terhadap prosedur. PT. Haier Electrical Appliances Indonesia juga telah memberikan intervensi berdasarkan observasi terhadap target yang telah didefinisakn. Data yang diperoleh kemudian dibahas dengan standar perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Simpulan : PT. Haier Electrical Appliances Indonesia telah menerapkan Behavior
Based Safety dan telah memberikan intervensi berdasarkan hasil observasi.

Kata Kunci : Behavior Based Safety, Metode DO IT

×
Penulis Utama : Nita Nur Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016071
Tahun : 2019
Judul : Gambaran Penerapan Behavior Based Safety (BBS) dengan Metode Do It dalam Upaya Mencapai Zero Accident pada Bagian Produksi II PT. Haier Electrical Appliances Indonesia, Bekasi, Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016071-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM, M.Kes.
2. Agus Eka Nurma Yuneta, S.ST., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.