Penulis Utama : Murdiyono Adi
NIM / NIP : K3315036
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh penggunaan model guided inquiry dan problem-based learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), (2) perbedaan pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), (3) interaksi antara penggunaan model guided nquiry dan problem-based learning dengan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2. Faktor pertama berupa model pembelajaran guided inquiry dan problem-based learning dan faktor kedua berupa kemampuan berpikir logis. Populasi data merupakan siswa SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 157 siswa. Sampel penelitian berasal dari populasi diperoleh dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas sampel yakni kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3. Teknik analisis data menggunakan uji analisa varian (ANAVA) dua jalan dan uji kruskal wallis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan pengaruh  penggunaan model guided inquiry dan problem-based learning terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan tetapi memiliki perbedaan pengaruh pada aspek sikap dan aspek keterampilan. (2) ada perbedaan pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan tetapi tidak ada perbedaan pengaruh pada aspek sikap dan aspek keterampilan. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model guided inquiry dan problem-based learning dengan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan tetapi memiliki pengaruh pada aspek sikap dan aspek keterampilan.
Kata Kunci : Guided Inquiry, Problem-based learning, Kemampuan Berpikir  Logis, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

 

×
Penulis Utama : Murdiyono Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315036
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry dan Problem-Based Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis Siswa (Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kimia Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3315036-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.