Penulis Utama : Nur Seviana Maratus Sholikhah
NIM / NIP : K3315039
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 4Es berkombinasi Drill and Practice dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 4Es berkombinasi Drill and Practice dan konvensional dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA semester genap SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sejumlah 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 4Es berkombinasi Drill and Practice dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama dan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis. Uji ANAVA digunakan untuk prestasi pengetahuan, sedangkan uji Kruskal Wallis digunakan untuk prestasi sikap dan keterampilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 4Es berkombinasi Drill and Practice dan konvensional terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan, tetapi tidak terdapat efektivitas terhadap prestasi belajar aspek sikap, (2) terdapat pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 4Es berkombinasi Drill and Practice dan konvensional dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajarĀ  aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat interaksi terhadap prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Kata Kunci : Learning Cycle 4Es berkombinasi Drill and Practice, Konvensional, Kemampuan Matematika, Prestasi Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

×
Penulis Utama : Nur Seviana Maratus Sholikhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315039
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 4Es Berkombinasi Drill and Practice terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3315039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ibu Dr. Budi Hastuti, S.Pd., M.Si.
2. Dr.paed. Nurma Yunita I., M.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.