Penulis Utama : Nurul Lailani Alifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513049
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Sistem Informasi Praktik Industri Berbasis Web pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513049-2017
Subyek : SISTEM INFORMASI, PRAKTIK INDUSTRI, BERBASIS WEB
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Praktik Industri Berbasis Web pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP UNS yang dapat menyajikan informasi baik mengenai industry maupun pelaksanaan praktik industri serta dapat mengelola laporan hasil PI dan testimoni pelaksanaan praktik industri.
Penelitian ini menggunakan framework Codeigniter untuk fungsi sistem, sedangkan untuk antarmuka pengguna menggunakan framework bootstrap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menerapkan model pengembangan Waterfall yang terdiri dari 1) Analisis Kebutuhan, yaitu tahap awal pengembangan berupa pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, analisis kebutuhan fungsional dan analisis kebutuhan hardware dan software. 2) Desain, merupakan tahap pembuatan rancangan use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, tabel dan relasinya serta rancangan antarmuka pengguna. 3) Kode, merupakan tahap penerjemahan desain. 4) Pengujian, merupakan tahapan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari sistem informasi praktik industri yang dikembangkan. 5) Pemeliharaan, berupa perbaikan kesalahan yang ditemukan pada saat tahap uji coba.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi praktik industri yang mampu memenuhi kebutuhan dalam pelaksanaan praktik industri dengan hasil pengujian dalam persentase sebesar 85?ri ahli sistem, 96?ri ahli substansi, dan 85?ri pengguna sebagai administrator serta 85?ri pengguna sebagai mahasiswa yang telah melaksanakan PI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi praktik industri yang telah dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Layak” untuk digunakan.
Kata Kunci : sistem informasi, praktik industri, berbasis web

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endar Suprih Wihidayat, S.T.,M.Eng.
2. Yudianto Sujana, S.Kom., M.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP