Penulis Utama : Maradhika Noer Hutoyo
NIM / NIP : K7116106
×

Penelitian ini berlangsung dua siklus. Masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan dan meliputi empat komponen: persiapan, tindakan, refleksi dan observasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data  dan penarikan kesimpulan. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.  
Berdasarkan hasil tindakan, dapat diketahui bahwa permainan monopoli dapat meningkatkan pemahaman konsep persatuan dan kesatuan siswa pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata  69,88 (24%%). Setelah menggunakan permainan monopoli pada siklus I nilai rata-rata naik 81,49 dengan persentase ketuntasan 69%. Pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata 85,98 dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli dapat meningkatkan pemahaman konsep persatuan dan kesatuan pada siswa kelas V SD Negeri Genengsari Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2019/2020

Kata Kunci : pemahaman konsep, persatuan, kesatuan, permainan monopoli

×
Penulis Utama : Maradhika Noer Hutoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116106
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persatuan dan Kesatuan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116106-2020
Kata Kunci : pemahaman konsep, persatuan, kesatuan, permainan monopoli
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.