Penulis Utama : Yani
NIM / NIP : K7114189
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda melalui penerapan metode Outdoor Learningpada  siswa  kelas IV SD Negeri Banmati 01 tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penlitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Banmati 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes,dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulagi  sumber  dan  triangulasi  teknik.  Teknik  analisis  data  yang  dipakai adalah analisis interaktif yang terdiri atas empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan metode Outdoor Learning dapat  meningkatkan  pemahaman  konsep  pengaruh  gaya  terhadap  gerak  dan bentuk  bendapada  siswa  kelas  IV  SDN  Banmati  01.  Hal  ini  terbukti  dengan adanya peningkatan nilai pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda yaitu pada kondisi awal nila rata-rata kelas adalah 62,66 dengan presentase ketuntasan klasikal 40%,pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,6 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60%, kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas semakin meningkat menjadi 80,2 dan presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88%.

Kata Kunci : pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda,
Outdoor Learning

×
Penulis Utama : Yani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114189
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengaruh Gaya terhadap Gerak dan Bentuk Benda ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Banmati Kecamatan Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114189-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Lies Lestari, M. Pd.
2. Hadiyah S. Pd, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.