Penulis Utama : Lelyta Anggraeny
NIM / NIP : K7114094
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep gaya melalui penerapan model Predict Observe Explain (POE) kelas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Munggung 1 Surakarta yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi serta triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai pemahaman konsep dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Tingkat ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 15% atau sebanyak 3 siswa dari 20 siswa dianggap tuntas. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 55% atau 11 siswa tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% atau 17 siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya siswa kelas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Pemahaman konsep, gaya, Predict Observe Explain (POE).

 

×
Penulis Utama : Lelyta Anggraeny
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114094
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Gaya Melalui Model Predict Observe Explain (POE) Siswa Kelas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114094-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Peduk Rintayati, M. Pd.,
2. Drs. Muh. Shaifuddin, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.