Penulis Utama : Dinda Setia Amalia
NIM / NIP : K7120080
×

Dinda Setia Amalia. K7120080. Pembimbing I : Jenny Indrastoeti Siti P, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Chumdari, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN GONILAN 02 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli. 2024.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika tentang pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Gonilan 02. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri daari dua pertemuan dan empat tahapan : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data divalidasi melalui triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Model yang digunakan untuk menganalisis data adalah model Miles dan Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Subyek penelitiannya ada dua, yaitu guru kelas dan 20 siswa SDN Gonilan 02. Penelitian ini mengalami peningkatan persentase ketuntasan nilai pemahaman konsep pada siklus I = 65% kemudian meningkat pada siklus II = 92,5% dan rerata nilai di siklus I = 73,6 kemudian menaik di siklus II = 86,7. Kemampuan pemahaman konsep antar siklus siswa juga mengalami kenaikan jika dianalisis tiap indikator. Indikator pertama yakni menyatakan ulang sebuah konsep mengalami kenaikan sebesar 6,3%, indikator kedua menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis  mengalami kenaikan sebesar 13,3%,indikator ketiga yakni mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep mengalami kenaikan sebesar 22,3%, dan indikator keempat yakni mengaplikasikan konsep dalam penyelesaian masalah mengalami kenaikan sebesar 6,3%. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan game edukasi dapat meningkatkan nilai pemahaman konsep matematika di kelas III SDN Gonilan 02 tahun jaran 2023/2024. Tindakan tersebut dinyatakan berhasil karena berdampak pada pencapaian target dengan nilai rata-rata ≥70 dan pencapaian indikator penelitian ≥85%.

×
Penulis Utama : Dinda Setia Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120080
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Game Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Tentang Pecahan Pada Siswa Kelas III SDN Gonilan 02 Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Game Edukasi, dan Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, M.Pd
2. Dr. Chumdari, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, M.Si
2. Dr. Sandra Bayu Kurniawan,M.pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.