Penulis Utama : Dwi Puji Lestari
NIM / NIP : K7119070
×

Dwi Puji Lestari. K7119070. Pembimbing I: Drs. Wahyudi, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Muh. Chamdani, M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran PBL dengan media konkret.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas VA SDN 1 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes, tes, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model PBL dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang yaitu: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian belajar, (c) penyelidikan individu dan kelompok, (d) penyajian hasil diskusi, (e) analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. (2) Penerapan model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas VA SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil observasi penerapan model PBL terhadap guru pada siklus I = 83,99%, siklus II = 87,66%, dan siklus III 92,67%. Sedangkan hasil observasi terhadap siswa pada siklus I = 82,33%, siklus II = 87,50%, dan siklus III = 92,33%. Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN 1 Kutosari. Hal ini dibuktikan dari rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 = 78,33% dan pertemuan 2 = 84,41%. Pada siklus II pertemuan 1 = 82,70% dan pada pertemuan 2 = 87,08%. Pada siklus III = 90,20%. (3) kendala dalam penelitian yaitu : (a) sedikit siswa yang memanfaatkan media konkret, (b) sedikit siswa yang bertanya, (c) sedikit siswa yang bekerja, (d) siswa mengobrol, (e) siswa tidak memanfaatkan media konkret, (f) siswa mencontek, (g) sedikit siswa yang bekerja, (h) siswa  kurang aktif. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) pengenalan lebih media konkret, (b) merangsang siswa, (c) memberikan arahan, (d) memberikan arahan kepada guru, (e) pengenalan lebih media konkret, (f) menegur siswa, (g) mengarahkan siswa, (h) memberikan motivasi.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas VA SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Dwi Puji Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119070
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Media Konkret, Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.