Penulis Utama : Novia Izzati
NIM / NIP : S111508013
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui struktur teks yang terdapat dalam teks cerita pendek, (2) mendeskripsikan bentuk klausa yang terdapat dalam teks cerita pendek, (3) mendeskripsikan kelompok nomina yang terdapat dalam teks cerita pendek, (4) mendeskripsikan leksis yang terdapat dalam teks cerita pendek, (5) mengetahui tingkat keterbacaan teks cerita pendek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik simak catat. Data berupa klausa, kelompok nomina, dan leksis yang diambil dalam teks cerpen KKPK dan Peci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua cerpen ditulis dengan genre naratif dan memenuhi struktur wajib naratif yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Bentuk klausa dalam cerpen KKPK didominasi oleh klausa simpleks sebesar 52%, sedangkan dalam cerpen Peci didominasi oleh klausa kompleks sebesar 54%. Semua cerpen ditulis menggunakan kelompok nomina simpleks dan kompleks dengan dominasi kelompok nomina simpleks sebesar 92%. Semua cerpen mengandung leksis kongruen dan ingkongruen dengan penggunaan leksis kongruen yang dominan sebesar 75%. Berdasarkan karakter bahasa di atas, dapat disimpulkan bahwa penulis anak memiliki gaya bahasa yang cenderung lisan dengan tingkat keterbacaan cenderung tinggi. 

Kata kunci : kumpulan cerita pendek

×
Penulis Utama : Novia Izzati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111508013
Tahun : 2019
Judul : Kualitas Bahasa Indonesia Anak Dalam Kumpulan Cerita Pendek Tulisan Anak Indonesia (Pendekatan linguistik sistemik fungsional)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Linguistik-S111508013-2019
Kata Kunci : kumpulan cerita pendek
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djatmika, M.A.
2. Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.