Penulis Utama : Amalia Dian Khoirunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514005
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Penggunaan Obat Pasien Gagal Jantung di Ruang Intensive Cardio Vascular Care Unit (Icvcu) RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prodi. DIII Farmasi- M3514005-2017
Subyek : GAGAL JANTUNG, ICVCU, TEPAT OBAT, TEPAT DOSIS
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Gagal  jantung  adalah  kondisi  kegagalan  atau  penurunan  kemampuan
jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Pasien  gagal jantung seringkali mengalami perburukan kondisi klinis yang mengharuskan dirawat secara intensif di ICVCU. Pasien yang dirawat di ICVCU  harus mendapatkan  perawatan secara tepat dan diberikan obat sesuai dengan aturan baku. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis obat   dan kombinasi obat yang paling banyak digunakan serta kesesuaian penggunaan obat meliputi ketepatan obat dan ketepatan dosisnya dengan guideline.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan pendekatan retrospektif dan penyajian data secara deskriptif. Subyek penelitian adalah rekam medis pasien dengan diagnosa gagal jantung dan dirawat di ICVCU. Data diolah menggunakan Microsoft Excel 2010 dan dianalisis kesesuaian obat serta dosis dengan Guideline dari ACCF/AHA tahun 2013.
Hasil penelitian rekam medis diperoleh 131 pasien dengan diagnosa gagal jantung dan dirawat intensif periode 01 Januari-31 Desember 2016, sebanyak 29 data memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan obat yang paling banyak digunakan yaitu diuretik (Furosemid) sebanyak 24 pasien (26,97%) dan kombinasi obat yang paling banyak dipilih adalah kombinasi Furosemid dan Captopril pada 3 pasien (10,71%). Evaluasi ketepatan obat menunjukkan 86,21% tepat  obat,  46,43% menunjukkan ketepatan pemilihan  terapi  kombinasi.  Hasil evaluasi tepat dosis dan frekuensi memperlihatkan 100% tepat dosis dan 87,77% menunjukkan tepat frekuensi.

 

Kata kunci: Gagal jantung, ICVCU, tepat obat, tepat dosis

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wisnu Kundarto, S.Farm., Apt.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA