Penulis Utama : Yoga Ade Setiawan
NIM / NIP : K4213077
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Purwakanthi pada pupuh Pangkur dalam Serat Wedhatama; (2) nilai pendidikan karakter yang terkandung pada pupuh Pangkur dalam Serat Wedhatama; (3) relevansi Purwakanthi dan nilai pendidikan karakter pada pupuh Pangkur dalam Serat Wedhatama.dengan bahan ajar bahasa Jawa tingkat SMA.
Penelitian ini berupa deskriptif kulialitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Sumber data yang ada pada penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis isi, teknik wawancara dan expect judgement. Uji validitas data menggunakan triangulasi data (sumber) dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang ada pada penelitian ini meliputi empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu: (1) analisis purwakanthi atau gaya bunyi pada pupuh Pangkur dalam Serat Wedhatama; (2) nilai pendidikan karakter pada pupuh Pangkur dalam Serat Wedhatama; (3) analisis purwakanthi dan nilai pendidikan karakter pada pupuh Pangkur dalam Serat Wedhatama relevan jika dijadikan bahan ajar di SMA khususnya  pada  kelas X semester I Kompetensi Dasar 4.1 Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Pangkur dan menulis syair tembang Pangkur dengan bahasa sendiri, serta menyajikannya secara lisan/tulis.

Kata Kunci: Serat Wedhatama, purwakanthi, nilai pendidikan karakter, bahan ajar.

 

×
Penulis Utama : Yoga Ade Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213077
Tahun : 2017
Judul : Purwakanthi Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Pupuh Pangkur Dalam Serat Wedhatama Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa Di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Bahasa Jawa-K4213077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.,
2. Drs. Purwadi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.