Penulis Utama : Ferra Dwi Lorensa
NIM / NIP : R0016041
×

Implementasi hot work permit system sebagai upaya pencegahan kebakaran dan peledakan pada pekerjaan panas di PT pupuk kujang Cikampek Jawa Barat

UNS-Fak. Kedokteran- Prodi Hiperkes Dan Keselamatan Kerja -R.0016041-2019

Latar Belakang : Terwujudnya lingkungan kerja yang aman, selamat, dan terhindar dari kecelakaan kerja sehingga tercipta produktivitas kerja serta lancarnya proses produksi adalah keuntungan dari penerapan hot work permit system. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan hot work permit system di perusahaan dan membandingkan penerapan tersebut dengan peraturan perundangan dan standar yang terkait.

Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan hot work permit system pada pekerjaan panas yang berfungsi untuk mencegah terjadinya potensi bahaya kebakaran dan peledakan di PT. Pupuk Kujang Cikampek.

Hasil : Proses produksi yang menggunakan gas flammable serta adanya pekerjaan panas yang sering terjadi, mengakibatkan potensi bahaya kebakaran dan peledakan di perusahaan semakin tinggi. Hot Work Permit System diterapkan sebagai upaya penanggulangan.

Simpulan : Perusahaan telah menerapkan hot work permit system melalui pemenuhan prosedur dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi atau dilaksanakan sebelum melakukan pekerjaan panas, namun dibeberapa aspek masih ditemukan beberapa tindakan yang belum dilakukan sehingga belum sesuai dengan peraturan perundangan dan standar yang terkait. Beberapa tindakan tersebut perlu dilakukan pengawasan dan pemantauan lebih lanjut.

Kata kunci : Hot Work Permit System, Pekerjaan Panas, Pencegahan Kebakaran dan Peledakan

×
Penulis Utama : Ferra Dwi Lorensa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016041
Tahun : 2019
Judul : Implementasi hot work permit system sebagai upaya pencegahan kebakaran dan peledakan pada pekerjaan panas di PT pupuk kujang Cikampek Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran- Prodi Hiperkes Dan Keselamatan Kerja -R.0016041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes
2. Mujahidatul M, S.Keb., Ns, M.Si.Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.