Penulis Utama : Maulana Ibrahim
NIM / NIP : S991508014
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Demak; 2) Mengetahui  pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Demak; 3) Mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Demak; 4) Mengetahui pengaruh kompetensi guru, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran secara simultan di SMP Negeri Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan populasi seluruh guru IPS SMP Negeri Kabupaten Demak yang berjumlah 118 orang. Teknik proportionate stratified random sampling dipergunakan untuk menentukan sampel, dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 54 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus Alpha, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Demak; 2) Terdapat pengaruh positif lingkungan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Demak; 3) Terdapat pengaruh positif kepuasan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Demak; 4) Terdapat pengaruh positif kompetensi guru, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran secara simultan di SMP Negeri Kabupaten Demak. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil R Square sebesar 0,865 atau 86,5% yang berarti bahwa kompetensi guru lingkungan kerja dan kepuasan kerja memberikan pengaruh dengan kategori sebesar 86,5% terhadap kinerja guru IPS SMP Negeri Kabupaten Demak, sedangkan sisanya 13,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, Kepuasan, Kinerja

×
Penulis Utama : Maulana Ibrahim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508014
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru IPS SMP Negeri Kabupaten Demak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S991508014-2019
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, Kepuasan, Kinerja
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harini, M.Pd.
2. Dr. Susilaningsih, M.Bus.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.