Penulis Utama : Ariesta Rizky Rachmania Haris
NIM / NIP : E0015057
×

ABSTRAK

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara alasan Penuntut Umum mengajukan Kasasi atas dasar Judex Factie lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara Penggelapan dengan ketentuan pasal 253 ayat 1 KUHAP. Dan penelitian ini juga menjawab tentang Pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum dalam perkara penggelapan sesuai dengan ketentuan KUHAP.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan teknis atau terapan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kasus. Jenis data penelitian adalah data sekunder dengan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan teknik analisis data yang digunakan bersifat deduksi dengan metode silogisme.
Berdasarkan permasalahan yang diangkat oleh penulis yaitu mengenai alasan Penuntut Umum mengajukan Kasasi atas dasar Judex Factie lepas dari segala tuntutan hukum (ontslag van aile recht vervolging) dalam perkara penggelapan telah sesuai dengan Pasal 253 ayat (1) KUHAP, Penulis sependapat jika Mahkamah Agung menyatakan bahwa Pengadilan Negri Jambi telah salah dalam putusanya. Dan menurut penulis sudah tepat jika Pertimbangan Mahkamah Agung pada akhirnya mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum dan membatalkan putusan Judex Factie dengan pertimbangan karena semua syarat yang dibutuhkan agar Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi terhadap Penuntut Umum telah terpenuhi dan lengkap serta sesuai ketentutan yang berlaku.

Kata Kunci: Kasasi, Putusan Lepas, Pertimbangan Hakim

 

×
Penulis Utama : Ariesta Rizky Rachmania Haris
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015057
Tahun : 2019
Judul : Kajian Yuridis Alasan Kasasi Penuntut Umum terhadap Putusan Judex Factie Lepas dari Segala Tuntutan Hukum (Ontslag Van Aile Recht Vervolging) dalam Perkara Penggelapan (Studi Kasus Putusan No. 1295K/Pid/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0015057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.