Penulis Utama : Regita Saski Prasastiasmara
NIM / NIP : K8115049
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Warga Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan permainan tradisional “engklek”. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan selama dua siklus yang tiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Pada tiap pertemuan dilakukan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Sumber data di dalam penelitian ini adalah guru dan anak.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif.
Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa melalui penerapan permainan tradisional “engklek” dalam pembelajaran, anak dapat membilang 1-10 dengan menunjuk benda, anak dapat menunjuk urutan benda untuk bilangan 1-10, dan anak dapat membuat urutan bilangan 1-10. Data tersebut ditunjukkan dari hasil pratindakan menunjukkan ketuntasan kemampuan memahami konsep bilangan sebanyak 8 dari 18 anak atau sebesar 44%. Pada siklus I dapat diperoleh hasil ketuntasan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak meningkat menjadi 67% atau sebanyak 12 anak. pada siklus II dapat diperoleh hasil ketuntasan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak meningkat sangat signifikan menjadi 89% atau sebanyak 16 anak. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan permainan tradisional “engklek” dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Warga Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan tradisional engklek, anak usia 4-5 tahun.

 

×
Penulis Utama : Regita Saski Prasastiasmara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115049
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Permainan Tradisional “Engklek” untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A TK Warga Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8115049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.
2. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.