Penulis Utama : Ika Desi Lestari
NIM / NIP : K7115074
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan model Scaffolded Writing dengan media gambar seri pada siswa kelas III SDN Jenar Lor tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua pertemuan yang pada tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Jenar Lor Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri atas empat bagian yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, tes, observasi dan kajian dokumentasi. Teknik validitas yang digunakan yakni validitas isi dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan menulis narasi setelah dilaksanakan tindakan dengan menerapkan model Scaffolded Writing dengan media gambar seri. Hal ini dibuktikan dengan adanya peninngkatan nilai rerata pada setiap siklus. Data nilai rerata pratindakan yaitu 58,59 meningkat menjadi 70,3 pada siklus I dan meningkat kkembali pada siklus II menjadi 75,41. Ketuntasan klasikal pratindakan sebesar 37,5% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 66,6% dan kembali meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Scaffolded Writing dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Jenar Lor tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: keterampilan menulis narasi, model Scaffolded Writing, media gambar seri

 

 

×
Penulis Utama : Ika Desi Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115074
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Penerapan Model Scaffolded Writing dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas III SD Negeri Jenar Lor Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)-K7115074-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
2. Dr. Hartono, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.